Brilio.net – Konsumsi daging domba masih kalah populer dibandingkan konsumsi daging kambing. Hal tersebut disebabkan karena faktor harga alias faktor ekonomis dan juga usaha peternakan domba yang jumlahnya lebih sedikit daripada kambing. Namun demikian, daging domba juga tetap menjadi favorit di beberapa rumah makan dan restoran, lho.

Biasanya daging domba diolah menjadi kebab,barbeque yakni daging domba panggang atau bakar, sebagai campuran pada nasi kebuli dan jenis masakan khas Timur Tengah lainnya.

“Daging domba sebenarnya memiliki khasiat yang cukup banyak, meskipun kandungan nutrisinya hampir sama dengan kambing. Tapi belum terbiasa saja di mata masyarakat,” ujar Antok, Operational Manager Sate Domba Afrika, Yogyakarta ini kepada brilio.net, Kamis (20/11).

Manfaat daging domba sebetulnya tidak jauh berbeda dengan daging kambing.  Itu karena kandungan gizi keduanya tidak jauh berbeda. Daripada kamu bertanya-tanya, berikut ini adalah manfaat daging domba bagi kesehatan yang berhasil dirangkum brilio.net dari berbagai sumber. (20/11).

  1. Jumlah energi yang tinggi

Salah satu manfaat daging domba ialah dapat memberikan asupan energi yang cukup tinggi ketika dikonsumsi. Ini dapat dilihat dari kandungan energi yang dimiliki oleh 100 gr daging domba berjumlah 206 kkal, dari kebutuhan energi total sekitar 2000an kkal setiap harinya.

  1. Kandungan protein yang tinggi

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila jenis daging merah memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Terbukti dari 100 gr daging domba terkandung protein yang tinggi, yaitu sekitar 17.1 gr protein. Bagi kamu yang sedang ingin membentuk otot, maka protein ini sangat baik untukmu.

  1. Kalsium yang tinggi

Keunggulan lain dari manfaat daging domba ini adalah kandungan kalsiumnya yang juga tergolong tinggi. Selain itu juga sangat berguna bagi tubuh. Kamu punya banyak masalah tulang? Banyak-banyak makan daging domba, ya.

  1. Fosfor di daging domba bisa mencegah osteoporosis

Manfaat daging domba juga memiliki kandungan fosfor yang sangat tinggi. Sama seperti kalsium, kandungan fosfor yang ada di dalam daging domba akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama dalam hal menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. 100 gr daging domba mengandung 1.91 mg fosfor yang baik untuk tubuh kamu, lho.

  1. Mencegah terjadinya anemia

Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan darah merah. Hal ini akan sangat berakibat buruk bagi tubuh, karena tubuh dapat mengalami lemah, sering merasa pusing, dan sakit kepala. Nah, daging domba ini mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Zat tersebut dapat mencegah atau mengurangi gejala-gejala yang muncul karena anemia.

  1. Kaya vitamin B1

Daging domba mengandung manfaat vitamin B, khususnya vitamin B1, lho. 100 gr daging domba yang diteliti, ternyata mengandung vitamin B1 sebanyak 0.15 mg. Vitamin B1 tersebut bermanfaat untuk proses oksidasi serta menjaga daya tahan tubuh.

  1. Terdapat kandungan vitamin B2

Daging domba dan daging kambing memilik kandungan vitamin B2 atau yang biasa dikenal dengan istilah riboflavin. Kandungan vitamin B2 ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain menjaga kesehatan saraf dan mencegah terjadinya sariawan dan bibir pecah-pecah.

  1. Kaya akan selenium

Selenium yang ada pada daging domba ini dapat berfungsi menghasilkan manfaat antioksidan tubuh. Selain itu selenium bermanfaat untuk menangkal radial bebas.

  1. Memiliki kandungan vitamin B12

Manfaat daging domba lainnya yakni memiliki kandungan vitamin B12 yang baik dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin B12 atau yang biasa disebut dengan kobalamin ini akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan syaraf.

  1. Mampu meningkatkan kolesterol baik

Mitos dimana jenis daging kambing dan daging domba memiliki kandungan kolesterol yang tinggi adalah benar. Namun demikian, kandungan kolestrol yang ada pada daging domba tersebut merupakan jenis kolestrol baik atau HDL. HDL ini mampu menekan dan mencerna lemak, serta melawan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jadi, kamu pilih yang mana? Daging kambing atau daging domba? Atau dua-duanya?

Kontak kami di :

http://bit.ly/2KKxLSO